Tiga Wajah Islam Nusantara


By: Khoirul Taqwim

Islam Nusantara dalam kehidupan masyarakat Asia Tenggara sudah mengakar dan mendarah daging dalam budaya masyarakat. Sehingga masyarakat Asia Tenggara dapat hidup penuh dengan kedamaian dan ketenteraman saat menjalankan ibadah agama, tetapi di saat Islam Khilafah dan Islam liberal hadir di tengah-tengah realitas kehidupan masyarakat Asia Tenggara, ternyata membuat kegaduhan, Mengingat Islam Khilafah dan Islam liberal tidak sejalan dengan nafas kehidupan masyarakat Asia Tenggara.

Keberadaaan Islam Nusantara mempunyai tiga wajah yang penuh kedamaian dalam tatanan kehidupan masyarakat Asia Tenggara. Sehingga keberadaan Islam Nusantara begitu membahagiakan bagi perjalanan ke-agamaan masyarakat Asia Tenggara dalam menjalankan ajaran Islam, tentunya disebabkan Islam Nusantara sangat menghargai kearifan lokal dalam membangun nilai-nilai kemanusiaan. Inilah kelebihan Islam Nusantara dalam menjalankan sebuah roda ke-agamaan yang sangat inklusif di saat membangun cara pandang masyarakat Asia Tenggara dalam melaksanakan dan memberikan paradigma pemikiran tentang  ajaran agama Islam.

Islam Nusantara mempunyai tiga wajah dalam menjalankan aktivitas ke-agamaan. Sehingga keberadaan Islam Nusantara sangat urgen di tengah-tengah realitas masyarakat Asia Tenggara, di antaranya.

1. Islam Nusantara mempunyai wajah yang sangat menghargai keberadaan semesta alam. Sehingga tak heran masyarakat Asia Tenggara sangat menjaga keutuhan alam, dengan cara menjaga lingkungan sekitarnya, menjaga hutan-hutan dari penebangan liar, menjaga kebersihan sungai, menjaga gunung-gunung supaya hutannya tidak gundul, dan lain sebagainya. Nah! tentunya Islam Nusantara menekankan tentang menjaga keberadaan alam semesta dengan baik dan indah.

2. Islam Nusantara sangat menghormati dan menghargai semua makhluk hidup. Karena  semua makhluk hidup merupakan ciptaan Allah SWT. Sehingga sudah seharusnya kita menghormati dan menghargai semua makhluk hidup, khususnya menghormati dan menghargai sesama umat manusia dalam naungan hamba yang pasrah pada Ilahi.

 3. Islam Nusantara sangat menekankan bentuk ketaatan pada Ilahi. Sehingga masyarakat yang menjalankan Islam Nusantara akan terlihat sifat yang penuh tepa selira, penuh kesopanan, etika yang baik antar sesama, dan mempunyai keramah tamahan yang sungguh menakjubkan. Mengingat Islam Nusantara sangat menekankan ketaatan pada Ilahi sebagai bentuk maupun wujud kepasrahan jiwa dan raga kepada sang maha pencipta segala.

Berangkat dari tiga wajah Islam Nusantara di atas, dapat di ambil sebuah kesimpulan sederhana, bahwa dalam nafas kehidupan masyarakat Islam Nusantara yang ada di Asia Tenggara mempunyai sifat dan sikap menghargai dan menjaga semesta alam, Menghormati dan menghargai semua makhluk hidup,dan masyarakat Islam Nusantara mempunyai sifat yang penuh ketaatan pada Ilahi.

Dengan tulisan singkat di atas semoga saya dapat mengambil hikmah dan mencerna secara positif dalam memahami tiga wajah Islam Nusantara. Hingga pada akhirnya segala hidup dan matiku kupasrahkan pada Ilahi sang maha pencipta langit maupun sang maha pencipta bumi. Semoga kehendak keberkahan Ilahi selalu ada dalam jiwa dan ragaku, Amin........

0 komentar: