Belajar Dari Islam Khilafah


By: Khoirul Taqwim

Ketika membicarakan tentang kekuasaan dalam sudut pandang agama. Maka kita akan mengingat tentang Islam Khilafah, Bagaimana tidak? Islam Khilafah telah menyadarkan pentingnya sebuah kekuasaan dalam mengatur sebuah negara. Kita masih ingat wali songo dapat menyebarkan ajaran Islam tak lepas dari kekuasaan kerajaan Demak yang dikendalikan oleh para Wali. Berangkat dari sinilah ketika kekuasaan dapat dikuasai, berarti penyebaran dalam bentuk apapun akan lebih mudah.

Nah! dari tinjauan di atas dapat di ambil sebuah kesimpulan sederhana, bahwa kekuasaaan merupakan barang mewah dalam menggapai sebuah tujuan yang lebih besar lagi. Maka mau tidak mau kekuasaan harus dicapai dalam mewujudkan sebuah keberhasilan yang ingin dicapainya.

Islam Khillafah telah memberikan pelajaran tentang makna sebuah kekuasaan. Karena dengan kekuasaan ada di tangan, berarti menjalankan sesuatu akan lebih mudah, namun apabila kekuasaan jauh dari tangan, tentunya akan semakain sulit mencapai sebuah tujuan. Misalnya dakwah agama Islam, kalau kekuasaan ada di tangan. Maka mencapai dakwah Islam akan lebih mudah, tetapi kalau kekuasaan jauh dari tangan, tentu sebaliknya akan lebih sulit dalam menyebarkan ajaran Islam di banding kekuasaan ada di tangan.

Berangkat dari penjelasan singkat di atas, berarti Islam Khilafah telah memberikan sebuah pelajaran berharga tentang pentingnya sebuah kekuasaan dalam pemerintahan untuk di kuasai, tentu dengan tujuan mencapai sebuah tujuan yang lebih besar lagi, tidak hanya sebatas tentang Islam Khilafah semata, tetapi jauh lebih besar lagi dalam mencapai sebuah tujuan.

Pertarungan politik Islam Khilafah menggunakan pendekatan politik agama sebagai jalan menacapai tujuan kekuasaan, tentunya setelah kekuasaan di kuasai. Maka ada dakwah tentang ajaran Islam yang di pahami sesuai dengan cara berpikir Islam Khilfah. Nah! dari sinilah Islam Khilafah ingin menunjukkan tentang harga tawar Islam Khilafah yang lebih tinggi lagi, apabila Islam Khilfah telah menguasai tatanan pemerintah dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Berangkat dari pemahaman tentang kekuasaan Islam Khilafah, tentunya dapat di ambil sebuah pelajaran yang berharga, bahwa kekuasaan dalam pemerintahan sangatlah pentiung, untuk mewujudkan sebuah gagasan yang lebih besar lagi, paling tidak Islam Khilafah telah memberikan pelajaran, bahwa paham Islam Khilafah sebagai pintu gerbang menuju visi dan misi yang lebih besar lagi, tidak sekedar tentang permasalahan Islam Khilfah.

Islam Khilafah sebagai batu loncatan menuju cita-cita yang lebih besar lagi, berarti Islam Khilafah sebagai pintu gerbang menuju pemahaman agama Islam yang di pahami oleh gerakan Islam Khilafah. Sehingga dengan adanya Islam Khilafah diharapkan sebuah pemahaman tentang ajaran Islam dapat tercapai sesuai dengan mimpi dan misi dari sebuah gerakan yang lebih besar lagi dari gerakan Islam Khilafah itu sendiri.


Segala kebenaran hanya milik Allah SWT. Sehingga seluruh hidup dan matiku, kupasrahkan kepada sang maha pemilik siang dan malam, sang maha pemilik lautan dan daratan, sang maha pemilik langit dan bumi, sang maha pemilik bulan dan bintang, dan sang maha pemilik segala yang ada di alam semesta. Semoga Dia sang maha pemilik selalu memberikan rahmat dan nikmat kepada saya dan umumnya kepada semuanya, Amin.............

0 komentar: